Menu
081229038552
+62-81229038552
51802F03<-(FULL) Add New Pin BBMTHP
Untuk mendapatkan Harga Special Bergabunglah bersama kami caranya baca menu Peluang Bisnis

Sejarah Jamu Legendaris Nyonya Meneer

Tuesday, September 23rd 2014.

Bagi masyarakat Indonesia, JAMU adalah resep turun temurun dari leluhurnya agar dapat dipertahankan dan dikembangkan. Bahan-bahan JAMU sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar, daun, buah, bunga, maupun kulit kayu. Sejak dahulu kala, Indonesia telah dikenal akan kekayaannya, tanah yang subur dengan hamparan bermacam-macam tumbuhan yang luas.

nyonya meneer

Jaman dahulu resep JAMU hanya dikenal dikalangan keraton Kesultanan di Djogjakarta dan Kasunanan di Surakarta, dan tidak diperbolehkan keluar dari keraton. Tetapi seiring dengan perkembangan jaman, orang-orang lingkungan keraton sendiri yang sudah modern, mereka mulai mengajarkan meracik JAMU kepada masyarakat diluar keraton sehingga jamu berkembang sampai saat ini tidak saja hanya di Indonesia tetapi sampai ke luar negeri.

Tanah yang subur dengan kekayaan tanaman sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia karena mereka bergantung dari alam dalam usahanya untuk memenuhi bermacam-macam kebutuhan. Pengolahan tanah, pemungutan hasil panen, proses alam tidak hanya menghasilkan makanan, tetapi juga berbagai produk yang berguna untuk perawatan kesehatan dan kecantikan.

Leluhur kita menggunakan resep yang terbuat dari daun, akar dan umbi-umbian untuk mendapatkan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit, serta persiapan-persiapan lain yang menyediakan perawatan kecantikan muka dan tubuh yang lengkap. Campuran tanaman obat traditional ini di kenal sebagai JAMU. Dimana Indonesia dikenal sebagai Negara nomor 2 dengan tanaman obat tradisional setelah Brazilia.

Bahan-bahan jamu sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar, daun, buah, bunga, maupun kulit kayu. Sejak dahulu kala, Indonesia telah dikenal akan kekayaannya, tanah yang subur dengan hamparan bermacam-macam tumbuhan yang luas.

Di Indonesia Sendiri kita pasti sudah mengenal pembuat jamu legendaris yang sudah terkenal yaitu Lauw Ping Nio perempuan perkasa, Orang sering memanggilnya Menir, atau Meneer dalam bahasa Belanda dan lebih dikenal dengan Nyonya Meneer perempuan keturunan Cina kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur, Ibu Meneer merupakan anak ketiga dari lima bersaudara. Ia menikah dengan pria asal Surabaya, dan kemudian pindah ke Semarang. Pada masa pendudukan Belanda tahun 1900-an, di masa-masa penuh keprihatinan dan sulit itu suaminya sakit keras dan berbagai upaya penyembuhan sia-sia. Ibu Meneer mencoba meramu jamu Jawa yang diajarkan orang tuanya dan suaminya sembuh. Sejak saat itu, Ibu Meneer lebih giat lagi meramu jamu Jawa untuk menolong keluarga, tetangga, kerabat maupun masyarakat sekitar yang membutuhkan. Ia mencantumkan nama dan potretnya pada kemasan jamu yang ia buat dengan maksud membina hubungan yang lebih akrab dengan masyarakat yang lebih luas. Berbekal perabotan dapur biasa, usaha keluarga ini terus memperluas penjualan ke kota-kota sekitar.

Para kerabat dekat di Semarang segera mencium ‘dingin’nya tangan Nyonya Meneer mengolah jamu. Nyonya Meneer yang ringan tangan dan sangat peduli pada orang-orang di sekitarnya dengan senang hati meracik untuk mereka yang demam, sakit kepala, masuk angin dan terserang berbagai penyakit ringan lainnya. Sebagian besar yang mencobanya puas.

Semakin banyak yang merasakan khasiat jamu racikan Nyonya Meneer, semakin banyak pula permintaan padanya untuk mengantarkan sendiri jamu yang belakangan mulai dikemasnya itu. Kesibukan Nyonya Meneer di dapur tidak memungkinkan untuk memenuhi permintaan itu. Dengan berat hati dia minta maaf, dan sebagai ganti dia mencantumkan fotonya pada kemasan jamu buatannya. Tak ada yang keberatan, tak ada pula yang menduga bahwa di kemudian hari, jamu dengan potret seorang wanita ini melegenda.
Berbekal perabotan dapur biasa, usaha keluarga ini terus memperluas penjualan ke kota-kota sekitar. Bahkan, pada tahun 1919, Nyonya Meneer berhasil mewujudkan impiannya, mendirikan perusahaan “Jamu Jawa Asli Cap Portret Nyonya Meneer di Semarang”. Untuk mempermudah pelanggan Nyonya Meneer juga membuka toko di Jalan Pedamaran 92, Semarang.

Pada tahun 1940 melalui bantuan putrinya, Nonnie, yang hijrah ke Jakarta, berdirilah cabang toko Nyonya Meneer, di Jalan Juanda, Pasar Baru, Jakarta
Di tangan Ibu dan anak, Nyonya Meneer dan Hans Ramana perusahaan berkembang pesat.

Nyonya Meneer meninggal dunia tahun 1978, generasi kedua yaitu anaknya, Hans Ramana, yang juga mengelola bisnis bersama ibunya meninggal terlebih dahulu pada tahun 1976. Operasional perusahaan kemudian diteruskan oleh generasi ketiga yakni ke lima cucu Nyonya Meneer.
Namun ke lima bersaudara ini kurang serasi dan menjatuhkan pilihan untuk berpisah. Kini perusahaan murni dimiliki dan dikendalikan salah satu cucu Nyonya Meneer yaitu Charles Saerang. Sedangkan ke empat orang saudaranya dan setelah menerima bagian masing-masing, memilih untuk berpisah.

Sekarang, kepemilikan saham dari PT Nyonya Meneer, dimiliki secara penuh oleh keluarga Charles Saerang dan keluarganya.
Keterbatasan bisa menjadi motivasi, keprihatinan dapat memacu kreativitas. Pengalaman hidup Nyonya Meneer merupakan contoh paling tepat.

Dan Museum jamu Nyonya Meneer juga dibuat ini merupakan Museum Jamu pertama di Indonesia. Didirikan di Semarang pada tanggal 18 Januari 1984.

museum nyonya meneer

Tujuan jangka panjang didirikannya museum ini adalah sebagai cagar budaya untuk melestarikan warisan leluhur sehingga dapat menjadi sarana edukasi rekreasi pra generasi muda.

Museum jamu Nyonya Meneer dibagi dalam 2 (dua) bagian :
A. Bagian yang menyajikan barang koleksi pribadi Nyonya
Meneer.
B. Bagian yang menyajikan produktivitas jamu, menyangkut
produktivitas secara tradisional.

Demikian kisah Jamu legendaris Nyonya Mener, dan saat ini di hingga jaman modern masih tetap eksis, bahkan sekarang sudah banyak ditemui beraneka macam jamu dengan nama dan merk dari berbagai produsen herbal dengan metode dan teknologi pembuatan yang lebih modern seperti contohnya jamu ekstrak dalam bentuk kapsul, yang sama-sama memiliki visi untuk ikut melestarikan jamu tradisional warisan leluhur ini menjadi bermanfaat untuk kesehatan orang banyak.

Produk terbaru

Rp 40.000
Rp 40.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kodeprimev
Nama BarangPrime V Feminine Hygiene Wash HWI
Harga Rp 40.000
Lihat Detail
Rp 439.000
Rp 439.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeDiacont
Nama BarangTiens Diacont Capsules
Harga Rp 439.000
Lihat Detail
Rp 380.000
Rp 380.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeKangshuai
Nama BarangKang shuai Capsule Anti Aging Green World Indonesia
Harga Rp 380.000
Lihat Detail
Rp 50.000
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTBMan
Nama BarangTempat Kantong Teh Jacuzzi Tea Bag Man
Harga Rp 50.000
Lihat Detail
Rp 190.000
Rp 190.000200.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeAcaiplus
Nama BarangAcaiplus Pelangsing Alami dari Acai Berry Noni Green tea
Harga Rp 190.000 200.000
Anda HematRp 10.000 (5.00%)
Lihat Detail
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
habis
Rp 405.000
Rp 405.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeBraincare
Nama BarangBrain Care Capsule Herbal Nutrisi Otak Green World Indonesia
Harga Rp 405.000
Lihat Detail
Rp 7.500.000
Rp 7.500.000
Order Sekarang » SMS : 081229038552
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTomo
Nama BarangTOMO Hydrogen Water air dengan kandungan Hidrogen tinggi
Harga Rp 7.500.000
Lihat Detail